Selasa, 17 Mei 2011

Dua Wakil Rakyat Kerinci Ricuh

Tribun Jambi - Senin, 16 Mei 2011 21:33 WIB

Laporan wartawan Tribun Jambi, Edi Januar
KERINCI, TRIBUNJAMBI.COM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci, Irmanto, dikabarkan terlibat bentrok dengan Rusdi, yang merupakan anggota Komisi III DPRD Kabupaten Kerinci.

Informasi yang berhasil dihimpun Tribun, bentrok terjadi sekitar pukul 11.00, Senin (16/5), di ruang Kabag Persidangan DPRD.
Akibatnya, kaca meja tamu di ruangan tersebut hancur berserakan di lantai.

Tidak diketahui secara pasti penyebab bentrok, namun sejumlah informasi menyebutkan, keributan terjadi karena Irmanto ingin menunda kunjungan kerja Komisi III ke Gresik, karena ia ada acara lain yang perlu ia ikuti.

"Kami memang tidak mengetahui secara pasti, hanya saja informasi yang kami terima, keributan akibat rencana kunjungan kerja. Sebelum ini hubungan keduanya memang kurang bagus,” ujar seorang anggota DPRD Kerinci, yang enggan namanya disebutkan, saat dikonfirmasi Tribun, Senin (16/5).

Sementara itu, Rusdi, anggota dewan yang dikabarkan terlibat bentrok, saat dikonfirmasi membantah kabar tersebut. Ia mengatakan, tidak terjadi bentrok seperti apa yang dianggap oleh warga. " Tidak benar itu,” jelasnya.

Ia menyebutkan, yang terjadi hanyalah perdebatan kecil, karena ingin saling mempertahankan argumen masing-masing. Hanya masalah kecil. Di dalam dunia politik terjadinya perang argumen itu biasa,” sebut Rusdi.

Sekretaris DPRD Kerinci, Adli SH, juga membantah telah terjadi baku hantam antar anggota dewan. Memang sempat terjadi perdebatan, namun tidak sampai saling pukul. Sepanjang hal tersebut dilakukan di lingkungan kantor sah-sah saja,” ucap Adli.

Keributan tersebut lanjutnya, karena saling berdebat soal urusan dinas, bukan masalah pribadi. Saya yakin pertengkaran tersebut tidak akan menganggu kinerja anggota dewan dalam melayani masyarakat,” tegasnya.

Saat ini, perseteruan tersebut sudah diselesaikan, karena memang tidak ada alasan untuk diperpanjang. Hubungan keduanya selama ini cukup baik. Di negara demokrasi hal seperti ini biasa terjadi,” imbuh Adli.

Ditanya apakah perseteruan kedua anggota DPRD tersebut akan dibawa ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Kerinci, Adli mengatakan itu bukan urusan mereka. Yang jelas masalah ini sudah selesai, jika memang ada sanksi itu urusan BK,” pungkas Adli.

Bagaimana dengan pecahan kaca dari meja tamu di ruang kabag persidangan? Adli tidak menampik, kerusakan tersebut akibat pertengkaran kedua wakil rakyat tersebut. "Memang ada meja yang rusak, tapi saya kira itu karena ketidaksengajaan saja," kilahnya. Tribun pun mendapati meja yang rusak itu di tempat pembuangan sampah di kantor DPRD.

Sebelumnya, Tribun berupaya mengkonfirmasikan kabar pertengkaran tersebut kepada Irmanto. Sekitar pukul 12.00, di luar ruang kerja wakil ketua DPRD itu, masih terdengar suara Irmanto sedang berbincang dengan beberapa tamu. "Bapak masih ada tamu, tunggu saja sebentar," ucap ajudan yang mencegat Tribun dan beberapa wartawan lainnya.

Hampir satu jam menunggu, tanpa diketahui, ruangan Irmanto sudah kosong, dan ternyata yang bersangkutan sudah pergi meninggalkan ruangan kerja. Irmanto ketika dikonfirmasi via ponsel juga sia- sia, Ponsel ternyata tidak aktif.



Penulis : edijanuar
Editor : ridwan
Sumber : Tribun Jambi

1 komentar: